Perkenalan Perangkat Lunak


Definisi Perangkat Lunak

Dalam arti sempit perangkat lunak adalah program yang dijalankan di suatu pemroses. Perangkat lunak dalam arti lebih luas terdiri dari program-program yang dieksekusi komputer dalam beraneka ukuran dan arsitektur, dokumen-dokumen berupa hard-copy dan bentuk-bentuk maya, dan data berupa angka-angka dan teks juga representasi informasi gambar, video dan audio.
Perangkat lunak seharusnya merupakan produk yang dirancang dan dibangun lewat aktivitas-aktivitas rekayasa perangkat lunak yang berdisiplin dan sistematis agar dapat dihandalkan untuk mendukung aktivitas manusia sehari-hari. Perangkat lunak seharusnya bukan hasil kegiatan kerajinan yang hasil akhirnya sulit diprediksi


Kategori Perangkat Lunak

Menurut Presman, perangkat Lunak dibagi menjadi:
  1. Perangkat Lunak Sistem, kumpulan program untuk melayani program-program lain. Contoh : Operating System, compiler, text editor, device driver.
  2. Perangkat Lunak Waktu Nyata, perangkat lunak yang memonitor/ menganalisa/ mengendalikan kejadian dunia nyata. Contoh : komponen perangkat lunak yang mengumpulkan informasi dari lingkungan eksternal.
  3. Perangkat Lunak Rekayasa dan Sains, perangkat lunak untuk menyelesaikan persoalan rekayasa dan sains. Contoh : Peraangkat lunak untuk Biologi, CAD, simulasi sistem, dll.
  4. Perangkat Lunak Tempelan, perangkat lunak yang berada di ROM untuk mengendalikan produk konsumer dan sistem industri. Perangkat lunak ini mempunyai kemampuan kendali. Contoh : indikator dashboard mobil, kendali digital bahan bakar, dll.
  5. Perangkat Lunak Berbasis WEB, perangkat lunak yang berisi instruksi-instruksi yang dapat dieksekusi (misalnya HTML, Java) dan data (Hypertext, berbagai format visual dan audio) yang menghasilkan halaman WEB, dan ditampilakan di Web Browser.
  6. Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan, perangkat lunak (artificial intelegence) menggunakan algoritma non-numerik untuk menyelesaikan persoalan kompleks yang sulit dilakukan secara analisa sederhana. Contoh : sistem pakar, pengenalan pola (citra maupun audio), game.


EmoticonEmoticon