Setting Repo Local Ubuntu 10.04 di Directory

Cara update maupun instalasi software-software di Ubuntu dilakukan dengan mengkoneksikannya ke internet atau bisa juga dengan menggunakan Repo Local.
Nah...... kendalaku dari kemarin-kemarin adalah koneksi internet yang terbilang sangat lemot, jadi saya cari Repo Local dari temen. Heheheh......
Berhubung saya pake Ubuntu 10.04, jadi file Reponya total 32,8 Gb .
Bisa dibilang lengkap lah itu....

Bagi yang ingin cari Repo Local, tentunya sudah terjual dalam bentuk CD/DVD.

Nah, langsung saja untuk caranya.


1. Pertama-tama kita sediakan dulu Reponya dan directory penyimpanannya.
Misalnya saya menyimpan Repo Localnya di media/Galery/Master/Ubuntu-Tool/Repo10.04

2. Masuk ke Terminal, dan ketikkan sudo gedit /etc/apt/sources.list dan ketikkan Password Anda
Maka akan muncul Text Editor dengan nama source.list
Beri tanda ( # ) pada sources yang belum ada tanda ( # ), seperti gambar di bawah ini.

Menjadi
Kemudian tambahkan deb file:/(media penyimpanan Repo) lucid main restricted multiverse universe

Misalnya setting-an saya deb file:/media/Galery/Master/Ubuntu-Tool/Repo10.04 lucid main restricted multiverse universe , karena penyimpanan Repo Local saya di media/Galery/Master/Ubuntu-Tool/Repo10.04

4. Selajutnya sources.list yang telah diedit tadi disimpan (SAVE).
5. Software Source-nya udah diseting ke Repo Local tadi. Sekarang masuk Synaptic Package Manager. Pilih Reload.
6. Nah.... untuk selanjutnya tinggal milih-milih aja software yang ingin diinstal tinggal di centang & Aplly. Atau bisa juga lewat Ubuntu Software Center pilih install

10 komentar

lengkap tutorialx...thankz yeah

nikmati sesi rehat yg indah di dunia maya yg penuh persahabatan

@ Bonthain : Makasi Bos.....

ubuntu ku masih jadul nih, masih make karmic koala,, mending instal ulang apa di udpate? iya reponya kalo pake defautlt dari ubuntunya lama banget, mau beli di daerah depok jarang mas, mas dapet reponya dari mana?

@ Hageta's Blog : Biasanya si tmen-tmen banyak yg update kernel-nya aja, tapi ribet. Klo saya si saya install lagi.
hihihi.....

Aku dapet repo dari temen.

wah,,mas sya mw tnya nich..saya error di waktu,ngupdate'n,,trus sya edit2 tetep,,dan sya cba trnyata di slh tmpat repo itu berada ada spasi'n,,klo sya tidak ksh sepasi mw,,knp y mas??tlng pncerahan'n..
^^

Kalau saya baru mulai belajar pake ubuntu nih... barusan sy selesai menginstal ubuntu 10.04

mas cara nya ngeshare repo yang ada di kompi kita...ke kawan lewat jaringan peer to peer gimana ya mas....

trusss cara manggilnya di kompi client gimana....
biar kompi client bisa install progrm2 tambahannya (REPO di kompi server)...

duh mentok nih dah hampir 1 bln blm ketemu ketemu solusinya

@Test : Maaf, kalau untuk sharing repo saya kurang tahu Bos....
saya gak mau kasi info yang meragukan & asal-asalan...

saya ada tugas algoritma nilai grade mutu dibawah nilai ditulis angka 85-100 75-85 65-74 41-64 <40 dibawah grade tulis a,b,c,d,e . dibawah mutu ditulis 4.3.2.1.0

Terima kasih sudah berkunjung...

Saya bantu untuk pseudocode-nya.
di sini


EmoticonEmoticon