10 Tips Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Banyak dari kita yang menghabiskan sebagian besar waktu yang membebani pikiran Anda saat menggunalan Excel. Sayangnya tips ini tidak dapat membantu Anda membuat formula tertentu di Office 2016 pada aplikasi spreadsheet app, tapi akan ditunjukkan kepada Anda beberapa hal yang akan membuat hidup Anda lebih mudah.

Tips trik yang bisa Anda tarik dari dalam dan luar cells, meningkatkan antarmuka atau interface Excel untuk membuat perhitungan Anda lebih kuat dan serbaguna. Anda juga akan mampu mempercepat entri data, mengubah nilai lebar worksheet, dan banyak lagi.

Tips ini yang ditujukan untuk pengguna Excel 2016, dengan sistem operasi Windows, tetapi Anda masih dapat menggunakan Tips ini pada versi Excel 2010 dan seterusnya.


1. Automatic Data

Jika Anda memulai bekerja menggunakan Excel tetapi belum tahu apa yang akan Anda ketik, Anda dapat mengisi kolom dengan data sampel acak sebelum untuk memastikan bahwa formula Anda semua bekerja dengan benar. Klik di dalam sel kiri atas area yang Anda ingin isi dan masukkan formula =RANDBETWEEN(50,100) untuk menghasilkan angka antara 50 hingga 100. Anda dapat mengubah nilai yang sesuai dengan jenis data Anda.
1.automatic_data_excel

Anda juga dapat menyeret sel pada area kolom yang Anda inginkan untuk isi dengan data yang nantinya akan ter-generate bilangan acak baru untuk setiap sel.

*Untuk formula, ada yang menggunakan pengaturan tanda ( ) maupun ( , ). Anda bisa sesuaikan dengan Excel Anda


2. Mencoba Formula

Menulis rumus Anda sendiri bisa menjadi tugas yang sulit, tapi versi modern dari Excel membuatnya jauh lebih mudah daripada dulu. Klik mebu tab Formulas untuk menemukan fungsi library, koleksi semua Formula Excel.
2.mencoba_formula_excel

Klik pada cell yang Anda ingin masukkan rumus, kemudian pilih kategori rumus pada koleksi formula di menu Formulas, Selanjutnya Anda hanya perlu memasukkan nilai-nilai yang Anda ingin hitung.

Misalnya Anda menyeleksi beberapa data pada cell dalam 1 kolom ataupun 1 baris, kemudian pilih Fungsi AutoSum, maka secara otomatis Excel akan membuatkan kolom baru berikutnya dan menjumlahkan semua nilai yang Anda seleksi tadi, sehingga Anda tidak perlu mengetikkan apa pun.


3. Pasting up

Formula tertentu, seperti menampilkan bilangan acak dijelaskan pada Tips no 1, akan cenderung membuat angka-angka Anda melompat-lompat. Jika Anda lebih suka Angka tersusun secara statis, Anda dapat menyalin angka dan klik kanan pada area kolom atau baris, kemudian sisipkan nilai yang hanya dihasilkan tanpa rumus (Paste Values).
3.paste_special_excel

Cobalah semua menu Paste Special untuk melihat perbedaan dari nilai-nilai Paste yang dapat Anda lakukan: Anda dapat menggunakan Paste Link untuk dengan cepat menciptakan kolom atau baris yang terkait antara sheet, atau Paste Transpose untuk menyisipkan data dengan membalikkan data yang vertical (dalam 1 kolom) ke data yang disusun secara horizontal (dalam 1 baris), begitu pula sebaliknya.


4. Menampilkan Formula

Mengklik satu per satu kolom atau baris yang penuh dengan angka hanya untuk mengetahui Formula dari data tersebut adalah pekerjaan yang akan banyak menyita waktu dan melelahkan. Lebih baik, Anda menggunakan cara pintas dengan menekan tombol [Ctrl] + [~] (yaitu tombol di bagian kiri dari keyboard-tepat di bawah tombol Escape) untuk menampilkan semua formula pada lembar kerja Anda. Tekan shortcut tersebut lagi untuk mengembalikan tampilan data seperti semula.
4.show_all_formula_excel


5. Quick formatting

Klik dan Drag area grup data, maka akan muncul ikon yang muncul di sudut kanan bawah dari area yang terpilih. Fitur ini bisa menjadi fitur keren pada Excel, yakni dapat menganalisa data dengan cepat..
5.quick_formating_excel

Fitur ini memberi Anda akses cepat untuk beberapa grup fitur format yang berguna, mulai dari warna sel Anda berdasarkan rentang data, jumlah dan grafik.


6. Bekerja dengan Konstanta

Jika Anda selalu menggunakan Excel dalam pekerjaan Anda, kemungkinan Anda berhadapan dengan angka yang banyak. Mendefinisikan konstanta bilangan kompleks menggunakan kata pendek yang mewakili nilai banyak tersebut dapat mempercepat pembuatan formula. Masuk ke menu Formulas dan klik mendefinisikan nama.
5.quick_formating_excel

Nama konstanta pada area name (misalnya 'distance') dan nilai yang mewakili konstanta itu (misalnya '1522264893633'). Sekarang Anda hanya perlu mengetik nama konstan tersebut pada Formula atau rumus anda tanpa harus memasukkan angka yang banyak tersebut, untuk mencegah kesalahan angka ataupun waktu untuk mencari dikolom atau baris mana angka tersebut berada.


7. Keep comments

Lembar kerja yang baik salah satunya adalah Pembaca lain dapat membaca dan bekerja tanpa bantuan dari pembuat file tersebut. Menyajikan data kompleks kepada seseorang namun mengharapkan agar pembaca tersebut mengerti atau paham dengan data yang Anda buat merupakan suatu point penting.
Penambahan suatu pesan, catatan dan komentar pada baris atau kolom merupakan salah satu cara agar pembaca dapat memahami lembar kerja anda.
Klik kanan baris atau kolom yang Anda ingin jelaskan dan pilih Insert Comments untuk melampirkan pesan, catatan ke area tersebut, atau dengan cara Klik area yang akan diberikan catatan, pilih menu Review => New Comment. 
Anda dapat mengubah ukuran dan reposisi kotak komentar jika diperlukan. Area yang memiliki komentar akan ditandai dengan warna merah flash di sudut kanan atas, dan jika Anda mengarahkan pointer mouse ke area tersebut, maka akan muncul POP-UP catatan yang telah ditambahkan..
7.insert_comment_excel

Untuk menampilkan semua catatan yang telah ditambahkan, Anda dapat memilih menu Review => Show All Comments.


8. Menghindari Komputer Hang

Lembar kerja yang penuh dengan formula atau rumus adalah hal yang menarik, atau menjalankan dataset kompleks dapat berdampak besar pada kinerja komputer Anda secara keseluruhan. Untuk mengurangi dampak lambat, Anda dapat mengatur Excel untuk tidak menggunakan semua kemampuan dari prosesor Anda. Ini akan membuat formula yang kompleks akan memakan waktu lebih lama untuk memperbarui data namun CPU Anda masih bisa mengerjakan aplikasi lain di Komputer.
Dengan kata lain, Komputer Anda masih tetap digunakan saat Excel sedang memproses data formula Anda.
8.avoid_deadlock_pc_excel

Masuk ke menu File > Options > Advanced dan scroll ke bawah untuk bagian Formula. Anda dapat menonaktifkan multi-threaded calculation sama sekali, atau mengaktifkan Manual untuk memilih hanya berapa banyak Processor yang ingin didedikasikan untuk menjalankan perhitungan Anda.


9. Shortcut

Ada beberapa cara pintas yang berguna agar Anda bekerja lebih cepat saat ini.
Dimulai dengan:
  • [Ctrl] + [Shift] + [$], yang akan secara otomatis mengkonversi angka menjadi mata uang default Excel Anda. 
  • [Ctrl] + [Shift] + [#], yang akan mengkonversi penulisan waktu ke format tanggal default Excel Anda.
  • Menahan tombol [Ctrl] dan menekan tombol arah panah [ atas, kanan, bawah, kiri ] akan melompat ke akhir baris atau kolom sesuai dengan arah pada tombol.
  • Menahan [Shift] untuk memilih area baris atau kolom. 
  • [Ctrl] + [Page Up] atau [Page turun] untuk berpindah-pindah antar sheet dalam lembar kerja Anda.
9.shortcut_excel

Masih banyak lagi 'cara pintas' atau shortcut yang dapat dicari di kotak pencarian Help. Tapi sayangnya tidak ada cara untuk membuat cara pintas kustom Anda sendiri dengan cara yang sama seperti Word 2016.


10. Memprediksi Data Kedepannya

Excel kini menambahkan fitur untuk yang akan menganalisis riwayat data dan memprediksi data selanjutnya. Untuk menggunakannya, Anda perlu menentukan kolom waktu, baik diurutkan dengan indeks berturut-turut atau tanggal dan kolom data yang akan diprediksi.
Kemudian pilih semua data dan klik menu Data > Forecast Sheet.
10.the_future_excel

Anda akan diperlihatkan bagan atau grafik dengan Excel yang memproyeksikan rata-rata, dan nilai kedepannya.

1 komentar:

thanks atas tips nya gan, sangat bagus :)) sukses selalu ya gan ^^


EmoticonEmoticon